MY IDOL

MY PRECIOUS FAMILY

Insipirasi bisa datang darimana saja, dan  biasannya itu datang dari lingkungan sekitar.  Beracam-macam figure yang menjadikan inspirasi setiap orang dalam menjalankan kehidupannya. Tak jarang sesok artis, politikus, tokoh agama, aktivis, tokoh terkemuka menjadi sosok yang menginsipirasikan tapi kebanyakan dari kita sesosok yang menginspirasikan adalah keluarga.  Sama seperti yang ku alami, perjalanan hidupku terinspirasi dari idola ku yaitu keluarga ku. Setiap hal yang ku tempuh dan kujalanin, terinspirasi dari segala hal tingkah laku, cara berfikir dan ambisi keluarga ku. Seperti halnya ayahku, dia adalah idola ku. Aku tidak bisa membayangkan bagaimana ayahku yang hanya seorang pegawai bawahan di salah satu perusahaan minyak swasta terkenal dapat menyekolahkan ke4 anaknnya hingga ke perguruan tinggi, strategi kehidupan yang sangat luar biasa. Kerja kerasnya dan kekhusyuannya dalam beribadah dapat menciptakan anak-anak yang mandiri dan anak-anak yang agamis, ayahku adalah seorang kapten yang hebat walaupun memang keras kepala tetapi aku salut dengan beliau yang dapat menuntun anak-anaknya dalam mendalami agama dan dunia secara seimbang, ayahku selalu mengajarkan kami kerasnnya  kehidupan melalui cerita-cerita dari pengalaman-penglamanan beliau. Kegemaran kami bila berkumpul selalu menceritakan pengalaman ayahku, ibuku,k akekku, nenekku ataupun yang lain. Memang sedari kecil kami sudah sangat displin dalam hal agama  beliau ajarkan kami membaca al-qur’an dan menjalankan shalat 5 waktu secara rutin . Beliau selalu menjadi imam kami. Satu hal yang membuatku mengagumi beliau, suara merdunya di saat mengalunkan ayat-ayat suci Al-qur’an. begitu merdu dan enak didengar tak kalah dengan Qariah-qariah lainnya. Tapi disayangkan tak ada satu pun anaknya yang mewarisi kemerduan suara beliau dalam membaca al-quran, walaupun kakakku pernah mencoba mentartilkan baca alqur’an layaknnya seorang Qari, tapi hasilnnya hanya menciptakan suasana rusuh disekitarnya yang tak tahan dengan logat dengungnnya seperti orang ,maaf (orang ngeden hehehe). ituah ayahku seorang figure pemimpin  nahkoda kapal yang sukses.

Ternyata, dibalik keberhasilan ayahku dalam membimbing anak-anaknnya ternyata ada campur tanganya seorang wanita yang sabar dan selalu menemani ayahku disaat susah maupun senang. Itulah Ibuku. Sesosok wanita tegas, mandiri serta sabar. Sepertihalnya pepatah dibalik kesuksesan seorang suami adalah istri yang solehah. Ibuku seorang yang sangat hebat, kesabarannya aku ancungin jempol, seperti yang aku bilang tadi ayahku adalah seorang yang keras kepala tapi kesabaran ibu yang sangat tinggi dapat mengatasi kerasnnya sebuah batu. Ibuku selalu membimbing dan menemani ayahku dalam keadaan apapun, dan tak pernah mengeluh sekalipun. Ikhlas dan ibadahnnya yang rajin, serta nasihat-nasihatnnya yang bagaikan mutiara membuatku sangat menyesal dan menangis bila mengingat kesalahan-kesalahan yang telah ku perbuat pada ibuku. Kadang aku suka bilang ibuku cerewet tapi aku sadar bahwa ibuku yang sangat mencintai keluargannya.  Ketegasannya memang sangat ku akui jempol mengingatkan aku pada sosok Fatimah az Zahra, wanita memang harus seprti itu. Tegas dan berani agar orang tidak meremehkan kita. Sosoknnya dan nasihatnnya sangat menginspirasikan ku dalam hal  keseharianku, dan akupun mencoba menjalankan apa yang ibuku katakan. Walaupun ibuku galak tapi semua nasihatnnya demi kebaikan ku di dunia maupun di akhirat. Ibuku pernah bilang pada ku jadi orang jangan kemaki, jangan pernah tinggalakan solat, jalankan puasa sunah, salat tahajud, solat dhuha, klo mau pergi baca bismillah, jaga kebersihan jadi cewe jangan selebor, dan masih banyak lagi. Dan setelah umurku sudah meranjak dewasa segala yang ibuku katakan memang sanga relevan tuk kebaikan ku dan kesuksesanku. Itulah ibuku bagi ku dia adalh seorang dewi yang selalu memberikan wejangan –wejangan yang bermanfaat bagi khalayak sekitarnnya. Dan satu hal lagi ibu ku adalah seorang strategi keuangan yang unggul. Mungkin ibuku bisa menjadi salh satu kandidat ketua BI selanjutnnya he2

Kemudian berlanjut ke abang ku yang paling besar, dia seorang sosok yang lucu, bukan lucu yang dibuat-buat tapi karena tingkah laku dan perkataannya yang kadang membuat adik-adiknnya ketawa, tapi dia juga sosok yang memiliki ambisi yang besar. Seperit halnya tradisi keluaga anak pertama harus memberi contoh yang baik tuk adik-adiknnya, walaupun masa kecilnya dia anak yang nakal dan nilai-nilainnya tak pernah bagus tapi sosoknnya yang ditakuti di sekitarnnya. Yup seorang jagoan kecil yang menguasai bebrap daerah di dekat rumah ku, walupun sosoknnya keras kepala menuruni sifat ayahku. Ambisinnya yang besar membuat bangga ayahku, walaupun dia hanya disekolahkan hingga D1( karena dulu perekonomian keluarga ku yang rendah ). Kakakku memutuskan untuk masuk sekolah perhotelan dan belajar bahsa inggris sebgai modal merantau di seberang benua. Yah dia satu-satunnya dari keluaga ku sudah keliling dunia. Kakaku memutuskan menjadi seorang pelaut, mengikuti jejak kaka sepupu kami mas yuyun yang sangat sukses. banyak berbagai macam cobaan yang telah dialami kakaku. Dan aku aku salut akan ketabahannya tuk melewati semua badai yang menerjang , dan kulihat dibalik kesuksesannya itu juga di kareakan adannya sesosok ibu ku yang selalu mensupport dan mendoakannya di sampingnya. Dan sekarang lihat lah, kakakku sudah menjadi orang yang membanggakan kelurganya, memiliki kehidupan yang sangat  berkecukupan, istri yang baik hati dan seorang putri yang lucu. serta satu hal yang mebuatku bangga kakaku adalah  dapatmenaikan haji ayahku,dan membiayai ku kuliah, dia sosok kakakku yang pertama yang perlu aku contoh dalam meraih cita-citanya.

Lalu kakaku yang kedua, hmm ini tak kalah hebatnnya, otaknya memang sangat encer. Dari kami berempat kakaku kedua ini yang memang memiliki kecerdasan otak yang melebihi kami semua. Dari kecil dia selalu membuahkan prestasi yang gemilang, dan memang sudah terlihat memiliki talenta sesosok pemimpin. Perawakan dia memang paling berbeda dari kami berempat, karena hanya dia yang memiliki kulit hitam. Dan pembawaannya sangat tenang, sifatnya menurun dari ibuku. Sabar, kalem, tegas dan tenang tapi otaknnya jalan. Kepintarannya pun dulu pernah terhalang dengan penyakitnya, yah kakakku memiliki riwayat penyakit migraine yang parah, Kalau sedang kumat, sangat tersiksa melihatnnya menahan rasa sakit yang luar biasa. Tapi itu tak menghalanginya untuk berprestasi, memang dari dulu dia sangat senang dengan membaca buku, dan meraih prestasi-prestasi dikelas. Kakaku sangat tekun, bisa ku lihat dari buku-buku catatannya, dia selalu mencatat semua pelajarannnya dengan detail dan rapih. Cara menganalisisnya pun kritis dan bahasannya pun intelektual. dia sangat mudah bersosialisasi dengan lingkungannya, dia mempunyai rasa humor yang biasannya dapat mencairkan suasana yang panas menjadi sejuk. Maka dari itu tak heran bila dia menjadi seorang wartawan handal, karena memang sangat cocok dengan talent yang dimilikinnya. Kesuksesan kakakku membuat kami semua bangga dengannnya. Disamping dapat membantu orang tua ku dalam hal membiayai sekolah ku dari SMA hingga ke perguruan tinggi, kakakku pun memepersembahkan hadiah bermakna pada orang tua dengan merenovasi rumah orang tuaku menjadi sangat bagus dan megah. Dia adalah sosok yang selalu mebuat ku tak pernah menyerah dan kembali semangat. Hobinya mencicipi atau menjelajahi makanan, menular pada ku. Karena memang hanya kami berdua yang memiliki perawakan gemuk nenuruni ibuku.  Kecintaan kepada keluarga dan rasa sayang kepada adik-adiknnya membuatku tak bisa membalas kebaikan-kebaikannya, Semoga allah membalas kebaikanmu “a”. Suatu saat akan ku balas semuanya walaupun tidak sebanding dengan apa yang telah dia korbankan. Oh ya satu hal, aku sangat bahagia melihat kakakku menikah dengan kakak iparku yang baik dan dan jago masak. Hmm suatu saat kita bisa kerjasama mbk dalam membangun bisnis kue yah, he2. Dan ke dua ponakan ku yang masih kecil. Aunti kangen bgt ma kalian.

Dan yang terakhir adalah kakaku yang cantik, yah bisa dibilang gaya ku memang sangat mengikuti trend dia, caraku berjalan, cara berpakaianku. Karena dari dulu aku sangat dekat dengannya. Memang karakterku memang sebagian di bentuk dari dia. Seorang wanita tomboy dan berani karena memang karaktternnya terbentuk dari kedua kaka laki-laki ku. Mungkin dulu dikirannya dia menjadi anak bontot tapi setelah 7 tahun kemudian ternyata muncul aku secara tak terduga. Itu lah yang membuatnnya mewarisi watak-watak kaka-kaka laki2ku kepada ku, jadilah kami wanita-wanita perkasa. Dia seorang kaka perempuan yang sangat sayang pada keluarga dan adiknnya, sifatnnya sering mengalah pada ku. bBla kuingat masa-masa kecil kami bila kami bertengkar selalu membuatku tertawa bila mengenagnnya. Yah kami sangat dekat, dan kompak walau kadang kami suka bertengkar. Dia sangat tegas, berani dan agamis. Keberaniannya yang sangat aku acungin jempol. Dari kami berempat dia yang paling berani, tak ada yang di takuti dalam kamusnnya, baik manusia, hewan ataupun yang berbau2 halus. sosoknnya yang yang cantik dan manispun menarik banyak sosok pria-pria di sektar lingkungan. Yah hampir tiap hari sering sekali teman-teman prianya datang bertamu kerumah hingga ayah ibu ku jengkel dengan mereka dengan mematikan lampu teras tanda mengusir mereka, dan hampir saban hari tiap malam ada segerombolan pria yang bolak-balik melewati rumah kami sambil memanggil namannya, ataupun sering sekali yang mengajaknnya hang out bareng atau makan dan memberikan oleh-oleh kepada keluarga ku. Dan itu membuatku senang karena memang bila kakakku hang out bersama mereka, aku selalu di ajak dan siap menjadi body guard kakaku. Dan dari sebnayak pria yang mengincarnya, ternyata hati kakaku jatuh pada sesosok kaka iparku yang lucu dan baik hati. Yah teman sekelasnya dulu sewaktu kuliah. Memang jodoh tuh ga jauh-jauh dari sekitar yak. Itulah kaka perempuan ku sesosok wanita yang sangat baik dan rajin beribadah,seseok wanita yang sangat taat pada orang tua dan menyayangi kaka-kakanya maupun adiknnya.  dia adalah seorang wanita yang sangat solehah, rajin mengaji, membantu gurunnya, mengurus suaminnya, menemani orang tua ku dikala aku jauh dari mereka dan tak dapat menemaninya, membantu orang tua ku, membantu diriku yang masih sekolah, sibuk dengan kedua buah hatinya yang lucu-lucu. Dia lah sesosok  anak yang sayang pada orang tua dan keluarganya, seorang adik yang kritis, seorang kaka sekaligus teman yang menganyomi adiknnya,  seorang ibu yang mencintai anak dan suaminnya, seorang murid yang hormat pada gurunnya dan sesosok wanita karir yang mandiri serta seorang teman yang baik bagi sekitarnnya.

Itulah gambaran Idolaku. Sekelompok figur yang mengisi  kegiatan sehari-hari ku dengan sosok mereka yang mengisnpirasikan. Aku sangat bersyukur memiliki mereka, tak ada yang lebih berharga did unia ini selain Idolaku.  Dalam setiap doaku semoga allah menjadikan kami keluarga yang soleh dan solehah  dan mempertemukan kami di kehidupan akhirat tentunya menjadi keluarga penghuni syurga. Hanya itu kenginginan ku yang sangat ku inginkan melebihi apapun. Aku berdoa semoga Allah memperkenankan doaku terkabul menjadikan kami keluarga, orang tua, anak-anak, menantu, cucu yang suksek baik di dunia maupun di akhirat kelak. Dan aku sungguh berterima kasih pada mu, yah Allah karena telah menitipkan aku pada kelurga yang sangat baik dan soleh.

Created by nurul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s