MAKNA HARI JUM”AT

MAKNA HARI JUMAT

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, mungkin kita disibuk dengan pekerjaan,berdagang, sekolah ataupun kegiatan lain- lainnya. Melewatkan begitu  saja hari-hari yang bergulir tanpa peduli seberapa banyak senin hingga kembali senin lagi kita habiskan waktu, entah itu bermanfaat atau[un tidak, hanya kita yang tahu. Tahukah kamu kebiasaan masyarakat arab di setiap harinnya. Senin hingga minggu mereka habiskan waktu untuk berdagang, dan memang berdagang adalah perekonomian yang menaggung kehidupan meraka, tetapi dibalik kesibukan mereka akan ekonomi, warga setempat sangat mengistimewakan hari jum’at. Mereka meninggalkan perekonomian mereka hanya sekedar untuk di hari jumat. Pada hari jumat mereka lebih banyak menghabiskan waktu dirumah untuk beribadah. Keistimewaan seperti apa yang membuat muslim di Arab rela meninggalkan duniawinnya di hari jumat?

Memang ada sunah yang sangat dianjurkan rasululah pada hari jumat. Mengutip dari buku Sayyid Sabiq dalam bukunnya, Fiqih Sunah mengutip dari hadis oleh Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Nasa’i. Rasullulah menyatakan, hari yang paling utama adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan pada hari tersebut pula dicabut rohnya.

Pada hari Jum’at Sangkakala ditiup dan semua manusia akan dimatikan semuanya. “ Karena itu perbanyaklah Shalawat atasku dan bacaanmu akan disampaikan kepadaku.” ujar beliau. lalu para sahabat bertanya bagaimana shalawat tersebut bisa sampai kepada beliau padahal saat itu jasadnnya telah hancur.

“Sesungguhnya Allah telah melarang bumi untuk memakan jasad para Nabi”. demikian sabda nabi Muhammad SAWmenjawab pertanyaan-pertanyaan sahabat-sahabatnnya.

Menurut Ibnu Qayyim, hal itu tepat karena rasulullah adalah pemimpin umat dan juat adalah pemimpin hari-hari lainnya dan seminggu. dengan demikian Membaca Shalawat merupaan keutamaan yang tidk terdapat dalam hari-hari lainnya. dan hikmah lainnya adalah semua kebaikan umat Muhammad di dunia dan akhirat terdapat di genggamannya. melauli beliau Allah mencurahkan kepada umatnnya kebaikan di dunia dan akhirat.

Kemuliaan terbesar yang bisa diraih, ujarnnya. adalh pada hari Jumat. pada hari tersebut, Doa yang dipanjatkan juga tak akan ditlak. semua itu dapat diraih oleh umat karena adannya bimbingan dari Nabi Muhammad SAW. Sebagai tanda terima kasih, belia berkata, hendaklah memperbanyak Shalawat di hari Jumat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s